Jumat, 04 September 2015

BLOGGER MUDA SMAN 1 TELUKDALAM


Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan unsur utama dalam pengembangan Teknologi Informasi. SDM disebut dengan istilah Brainware atau Mainware yang keberadaannya sangat berarti di samping perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Sehebat apapun hardware dan software tentu tak akan optimal jika tak didukung oleh sumber daya manusia yang memadai. Selain sumber daya manusia yang memiliki kemampuan memadai, faktor komitmen (disebut juga Sosioware) sangatlah menentukan.
Dengan demikian kehadiran sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan komitmen yang memadai sangat diperlukan dalam pembangunan TIK, termasuk dalam pengembangan website desain grafis di Kabupaten Nias Selatan. Sehubungan dengan hal tersebut, bidang TIK SMA Negeri 1 Telukdalam berupaya untuk membentuk Desainer Grafis Web Pemula sebagai salah satu program kurikulumnya.
Untuk membentuk jiwa seni grafis dalam bentuk teknologi digital di SMA Negeri 1 Telukdalam, telah diterapkan pembelajaran melalui blog kepada siswa-siswi kelas XII jurusan IPA yang diikuti sekitar 90-an orang siswa. Program kurikulum ini bersifat nirlaba, independen, philantrophis, mandiri yang mendasarkan pada upaya pengembangan pengetahuan, keterampilan/ ilmu pengetahuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi para siswa serta warga masyarakat lain.
Terkait dengan kegiatan pembelajaran TIK yang dilakukan di SMA Negeri 1 Telukdalam, siswa-siswi kelas XII jurusan IPA ini telah memiliki dasar-dasar pengetahuan TIK sehingga memiliki kapabilitas menjadi tenaga Desainer Grafis Web bagi Nias Selatan di masa yang akan datang. Walaupun program kurikulum ini menyasar siswa jurusan IPA, bukan berarti kesempatan tidak terbuka untuk jurusan lain. Model pembelajaran ini terbuka untuk semua jurusan yang memiliki kemauan untuk mengintegrasikan pemanfaatan TIK dalam kurikulumnya.
Untuk pengorganisasian calon-calon desainer muda ini, nantinya akan dibentuk Komunitas Blogger Smansa Telukdalam. Para pengurus akan dipilih dari para siswa yang akan ditetapkan serta dikukuhkan oleh sekolah. Semoga program kurikulum TIK ini mampu mendukung pembangunan di Kabupaten Nias Selatan menuju Masyarakat yang unggul, mandiri dan sejahtera.
Salam Edukasi,
Siprianus Hondro, ST

Tidak ada komentar: